01/01/11

Memunculkan Start Menu, Taskbar, Ikon, dan Walpaper Desktop yang Disembunyikan Virus


Gara-gara sudah lama komputer saya nggak kena virus, saya jadi kurang waspada terhadap virus yang akhir-akhir ini merebak.

Benar saja, minggu kemarin komputer saya jadi korban virus. Ini bermula saat saya mau memasukkan hasil jepretan saya dari kamera digital ke komputer, secara nggak sadar saya mengklik file .exe yang belakangan saya ketahui virus. Huh sial!

Selidik punya selidik, ternyata kamera saya tertular virus dari komputer istri teman saya yang beberapa hari lalu dipinjamnya. Setelah saya scan menggunakan beberapa antivirus, saya pikir masalahnya sudah selesai,wong virusnya udah “ketangkep”. Eh ternyata saat komputer dihidupkan lagi,  desktop-nya blank nggak ada tampilan sama sekali kecuali Windows Explorer. Sontoloyo!

Start Menu, Taskbar, ikon, dan walpaper desktop hilang semuanya. Tak cuma itu, regedit-nya juga terkunci nggak bisa dibuka.  Setiap kali dibuka muncul tulisan begini “Registry Editing has been disabled by your administrator”. Wah jelas-jelas ini kerjaannya virus. 

Berhubung waktu itu saya ada deadline yang harus diselesaikan malam itu juga, saya terpaksa menggunakan komputer dalam keadaan “sakit”. Baru keesokan harinya setelah pekerjaan selesai, saya mencoba menyembuhkannya. Awalnya saya mau instal ulang, tapi karena dipikir-pikir instal ulang itu butuh waktu lama, akhirnya nggak jadi. Terlebih melihat program saya yang bejibun. 

Saya sudah mencoba beberapa langkah untuk menyembuhkan virus melalui gpedit.msc, tapi hasilnya nihil. Berikutnya saya coba beberapa software untuk memperbaiki registry, tapi ujung-ujungnya juga nggak berhasil.  Sampai akhirnya saya menemukan Ansav. Ansav selain bisa men-scan virus, ternyata juga ada fitur untuk memperbaiki registry yang dirusak virus. 

Caranya cukup mudah, yaitu:
1. Jalankan Ansav, lalu pilih Plugins
2. Kemudian klik 2 kali opsi RegistryFX, lalu beri centang semua setingan registry yang disembunyikan oleh virus, lalu klik Restart Explorer.

3. Terakhir kita tinggal restart komputer dan lihat hasilnya. 

Jika berhasil, Start Menu, Taskbar, ikon, dan walpaper desktop yang disembunyikan virus akan muncul kembali. Tapi jangan lupa, sebelum memperbaiki registry, pastikan dulu virus di komputer kita sudah bersih. 

Ingat! Kejahatan bukan hanya karena niat tapi juga kesempatan. Waspadalah! … Waspadalah!....